Minggu, 28 April 2013

Aliran Udara dalam Rongga



Telah dilakukan simulasi menggunakan CFDSOF untuk aliran udara dalam rongga dalam. Dengan kriteria sebagai berikut:
1)      Ukuran domain: panjang 0,1 m, tinggi 0,1 m dan lebar bawaan. Jumlah cell untuk arah x dan y masing-masing 100.
2)      Atur model dan  memilih pindah-panas dan hitung temperature yes, sedangkan yang lainnya No.
3)      Konstanta fiskal dimana densitas ditentukan menggunakan hokum gas ideal. Tekanan operasi, berat molekul, konduktifitas termal, dan panas spesifik adalah bawaan. Viskositas diaktifkan menggunakan persamaan viskositas yang tergantung temperatur.
4)      Sel pada pinggir-pinggir dan atas domain adalah w1 sedangkan bagian bawah adalah w2. Temperature w1 adalah 303 K, sedangkan w2 313 K. Sehingga akan dilihat pergerakan udara dan temperaturnya disebabkan perpindahan panas. Hal ini dilakukan dengan memilih menu atur cell.
5)      Pada menu mahir pilih gaya badan dan aktifkan gravitasi arah y sebesar -10 m/s2. Paramter pengendur-1 untuk mempercepat interasi ditetapkan sebagai:
-          Kecepatan 0,5
-          Tekanan 0,7
-          Gaya badan 1
-          Viskositas 0,5
-          Entalpi 0,8
-          Temperature 0,8


Hasil simulasi adalah sebagai berikut:
  Iterasi mencapai konvergen setelah iterasi ke-3509. Hasil akan konvergen jika grafik residu tekanan, kecepatan u dan v mencapai 10-3 serta entalpi sampai 10-6. Grafik residu ditunjukkan gambar berikut ini:













- Grafik fungsi arus ditunjukkan gambar berikut ini.





-  Grafik Temperatur ditunjukkan gambar berikut ini.








-     Grafik vector kecepatan ditunjukkan berikut ini
   

Analisis

Terlihat dari grafik temperature semakin jauh dari bagian bawah kotak cenderung semakin rendah temperaturnya. Gambar vektor kecepatan dan fungsi arus menunjukkan aliran udara di dalam rongga. Alirannya sedemikian sehingga dapat dikatakan udara bergerak dari tempat bertemperatur tinggi ke tempat yang bertemperatur rendah. Pada grafik fungsi arus dapat dilihat aliran berputar dengan besar yang sama tetapi berlawanan arah.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar